30 Calon Barista Magang di Kopi Juaro

By Maas, SH 02 Mar 2021, 17:20:46 WIB USAHA
30 Calon Barista Magang di Kopi Juaro

Mediajambi.com- Sebanyak 30 anak muda dilatih dan magang untuk menjadi Barista di Kopi Juaro Jambi, Jalan HS Bachroen Lorong Keluarga Payo Lebar, Jelutung,Senin (1/3). Mereka diharapkan menjadi Barista handal, yang siap bekerja di cafe cafe maupun membuka usaha sendiri.

Pelatihan dan magang ini dibuka  Kadis Depnaker Provinsi Jambi, Bahari, dengan secara simbolis memberikan baju serta tas kepada dua peserta magang. 

Bahari mengatakan pertumbuhan kafe kafe kopi di Jambi saat ini sangat pesat dan harus didukung dengan hadirnya barista barista handal, yang sekaligus dapat  mengurangi angka pengangguran. 
Lewat program ini diharapkan juga tumbuh  tumbuh semangat entrepreneur dan kecintaan terhadap produk lokal, yang dapat menimbulkan multiplier efek. "Usaha kopi Ini bagian dari sektor riil yang tahan banting. Dalam kondisi apapun orang tetap ngopi," katanya. 

Inisiator pelatihan yang juga Owner Kopi Juaro Ariansyah, mengatakan kegiatan pelatihan ini sering diadakan untuk memberikan ilmu bagi calon calon barista. "Kita ajarkan mereka agar mampu meracik kopi yang benar, menjadi Barista handal. Kita kasih ilmu dasar barista, hospitality, cara roasting, menyeduh kopi, manajemen usaha oleh mentor mentor handal," jelasnya. 

Ariansyah bersyukur acara ini didukung penuh oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, dan diharapkan berkelanjutan. "Pada akhir magang nanti semua peserta akan mendapat sertifikat Barista," jelasnya.

Peminat mengikuti latihan cukup banyak namun karena pandemi Covid-19 dibatasi hanya 30 orang saja. Mereka berasal dari 
Tanjab Barat, Muaro Jambi, serta Kota Jambi.

"Peserta ada yang putus sekolah dan ada juga yang memang ingin belajar untuk menjadi Barista," jelasnya. 
Pelatihan dan magang ini dilakukan selama empat bulan dan peserta juga mendapat uang saku. (Yen)