Pemkot Jambi Melaksanakan Gerakan Pejabat Daerah Berzakat

By MS LEMPOW 26 Mar 2024, 05:32:11 WIB KOTA
Pemkot Jambi Melaksanakan Gerakan Pejabat Daerah Berzakat

Keterangan Gambar : Pemkot Jambi Melaksanakan Gerakan Pejabat Daerah Berzakat


Mediajambi.com- Penjabat Walikota Jambi Sri Purwaningsih bersama Forkompinda dan para pejabat di lingkungan pemerintah kota Jambi  berkumpul bersama Baznas kota Jambi dalam rangka gerakan pejabat daerah berzakat dan penyerahan secara simbolis dana zakat, Infaq, sedekah, Senin (26/3/2024).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan tenis Dinas Pendidikan Kota Jambi itu, juga dihadiri para staf ahli, asisten daerah, Kepala OPD, Camat, Lurah.

Baca Lainnya :

    "Alhamdulillah berjalan lancar, pada kesempatan ini saya minta kepada Seluruh OPD, mengingat zakat ini adalah rukun Islam yang kelima diperintahkan oleh Allah dalam kitab suci Al-Qur'an," kata Sri Purwaningsih.

    Pemerintah kota Jambi sebut dia juga sudah menindaklanjuti secara administratif melalui Perda, menginstruksikan, memerintahkan kepada seluruh warga yang berhak yang mampu untuk bisa membayarkan zakat nya ke baznas  kota Jambi.

    "Kita dengar laporan dari ketua baznas, akan dibagikan 1,9 miliar kepada mustahik. Ada banyak sekali dan itu semuanya atas pengelolaan baznas kota Jambi dari zakat seluruh yang didapatkan dari seluruh warga dari kota Jambi," imbuhnya.

    Sebagai penjabat walikota Jambi, Sri menekankan kepada para pejabat pemkot Jambi, bahwa kalau diperhitungkan dari gaji pokok ditambah dengan TPP maka para pejabat lingkup Pemerintah Jambi ini masuk ke dalam kategori Muzaki wajib membayarkan zakat.

    "Saya minta tadi mumpung di bulan Ramadan juga kita tingkatkan terus amal ibadah, bukan hanya kewajiban zakat tetapi juga Infaq dan sedekah," ujarnya.

    Kepada ketua Baznas Sri menyampaikan, bahwa sebagai penanggung jawab pengelolaan zakat di kota Jambi, dilakukan secara amanat transparan dan profesional.

    "Maka prinsip itu harus terus dipegang oleh ketua baznas kota Jambi," ujarnya.

    Sri juga mengusulkan supaya program untuk pemberian zakat ini ada satu moto mengubah mustahiq menjadi Muzaki.

    "Mengubah para penerima zakat ini menjadi pemberi zakat, dengan cara kepada masyarakat yang memang perlu dibantu dikembangkan ekonomi nya, kemudian mampu ekonomi berkembang dan nanti akan menjadi Muzaki. Maka itu wujud dari kesuksesan dari baznas Kota Jambi," pungkasnya. (Yen)




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment